Mengusir rasa malas saat ingin belajar.

Belajar adalah sesuatu yang wajib bagi seorang mahasiswa, namun minat dari belajar bisa naik dan turun. Apalagi seorang mahasiswa baru yang belum mengerti betul tentang sistem perkuliahan, mereka berfikir bahwa pada saat kuliah mereka akan diberi semua apa yang mereka butuhkan, namun ternyata tidak karena pengajar hanya memberikan apa yang harus kita mengerti dah mahasiswa harus belajar sendiri apa yang sudah diberikan pengajar, nah disini timbul rasa malas karena mereka berfikir kenapa pengajar tidak memberikan apa yang saya inginkan.

Alasan utama yang biasanya menunda orang dalam belajar adalah malas, malas itu hanya sebuah istilah umum. Malas itu akibat dari tidak percaya diri, tidak yakin akan hasil yang baik, aku sudah pernah, dan tidak mau mencoba.


Malas itu kenapa sangat sulit diselesaikan karena orang tidak tahu apa yang menyebabkannya malas. Malas itu sendiri tidak bisa diselesaikan, missal ketika kita ingin belajar kita merasa mengantuk, mengantuk dapat menjadi sebab malas.  Solusinya dalam hal ini yaitu jangan sampai mengantuk.

Malas itu kan tidak bertenga, menunda pelaksanaan, memilih sesuatu yang lebih nyaman menghindari pertemuan dengan orang lain, berarti orang yang tau sebab dia malas berarti dia tidak malas, karena dia menyelesaikan sebabnya. Karena dalam hidup ini kita harus selalu belajar dan selalu akan ada malas, kenali hal-hal yang menjadikan kita malas dan selesaikan itu.

Kita jangan lihat hasil tapi lihatlah proses, jangan terlalu sibuk menginginkan dan mengejar yang besar, sadari bahwa hidup ini dibangun dari hal-hal kecil yang dilakukan dengan kesungguhan besar. Salah satu hal kecil yang bisa kita lakukan adalah belajar.

Berpikirlah bahwa belajar membuat anda lebih baik, jangan sampai pikiran kosong menguasai anda, dan jangan jadikan belajar menjadi alasan, perhatikan bahwa orang sukses yang tidurnya kurang, namun dia selalu tampil prima, berbeda dengan orang yang kebanyakan tidur tampilan sealu lesu dan suka mengantuk.

Ada sebuah kutipan bagus yang berbunyi.

Belajarlah selagi yang lain sedang tidur, Bekerjalah selagi yang lain bermalas-malasan, Bersiap-siaplah selagi yang lain sedang bermain, dan Bermimpilah selagi yang lain berharap.
William Arthur Ward

Tujuan dari belajar adalah untuk tumbuh, dan akal kita berbeda dari tubuh kita yang bisa terus bertumbuh selama kita hidup. 

Pesan terakhir dari penulis adalah belajarlah sedini mungkin tidak ada kata terlambat, jangan jadikan Usia sebagai dalih, Jika tidak penyesalan akan menghampiri anda.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah