Picmix, startup dari indonesia yang mendunia


Besarnya pasar smarthphone diindonesia menjadi daya tarik vendor ponsel dunia dengan total populasi mencapai 240 juta jiwa dan 280 juta pertumbuhan handphone melebihi populasi yang berlangganan 3G yaitu 30 juta jiwa.

Jelas Indonesia merupakan surganya pasar teknologi hal ini mendorong pertumbuhan perusahaan startup yang kerap meramaikan industry ponsel, salah satunya perusahaan dalam negeri yang menjadi andalan blackberry yaitu picmix aplikasi ini sukses dengan jutaan pengguna global dan memiliki segudang prestasi.

Picmix adalah aplikasi mobile yang mengambil inspirasi dari Instagram sebuah aplikasi foto di platform Apple namun picmix tumbuh pesat di handset blackberry, kesuksesan picmix bisa dibilang fenomenal deggan 15 juta user dalam satu tahun, hal ini tidak terlepas dari tangan dingin CALVIN KIZANA pria yang sempat menjadi programmer disebuah perusahaan amerika serikat ini mengaku kaget dalam peluncuran picmix.



CALVIN KIZANA

Calvin bercerita pada saat memulai membuat picmix "Tidak ada harapan apapun, tidak menggantungkan harapan setinggi-tinggi langit, kita Cuma hanya iseng, kita hoby kebetulan background saya di fotografi akhirnya kita bikin aplikasi tersebut, lalu kita luncurkan."

Dan ternyata diluar ekspetasi dalam waktu 2 bulan pengguna mencapai 1 juta user, bukan yang mendownload tapi 1 juta user yang aktif, calvin juga kaget dalam 2 bulan bisa 1 juta user.

Dia mengatakan "Berawal dari ada server yang nganggur kita pake disana dulu, lalu kita juga nggak bener-bener optimize dalam sisi aplikasinya dan segala macamnya, tiba-tiba kenapa kita respect, usernya naik dengan cukup drastic."

Sejak aplikasi ini dirilis bulan maret 2012 picmix telah menarik 15 juta pengguna dari seluruh dunia dengan komposisi pengguna mayoritas di Indonesia, Afrika Selatan, dan Venezuela. Ketika banyak aplikasi foto yang mengicar platform IPhone, picmix justru mengincar pasar Blackberry, Nokia, dan Android.
Pengguna aplikasi ini terbilang cukup aktif, rata-rata pengguna membagi 5-10 foto tiap harinya, hingga saat ini 230 juta foto sudah diupload ke picmix.
Dikantornya kita bisa melihat aktivitas pengguna diseluruh dunia, jadi ini pemetaan dari seluruh dunia dari Indonesia, Nigeria, south Africa, dll.


Tentun saja Calvin tidak bekerja sendiri, saat ini picmix memiliki 20 pegawai yang terdiri dari developer , grafis dan marketing. Pertumbuhan user yang mencapai 1 juta user dalam satu bulan memberikan semangat tersendiri bagi picmix. Uniknya popularitas picmix tidak didapatkan dari iklan atau promo berbayar, bermodalkan kepuasan pengguna aplikasi ini tidak mengeluarkan sepeserpun untuk promosi. pertumbuhannnya setabil namun jika ada event maka pertumbuhannya akan naik.

Pesona picmix dalam merajai aplikasi foto dipantau terus oleh Blackberry, alhasil pada setiap event nya blackberry selalu merangkul picmix, bahkan dalam acara blackberry live 2013  di orlando amerika serikat blackberry khusus membuatkan booth untuk picmix.

Picmix dibilang sukses karena kecemburuan user blackberry terhadap instagram yang sukses di iphone. Kedua aplikasi berbagi foto ini sekilas memang terlihat adanya kesamaan antara picmix dan instagram. Kedua aplikasi berbagi foto ini menampilkan foto-foto kontak di streaming view. Namun ketika instagram mencari cara untuk menghasilkan uang, picmix sudah memiliki cara sendiri, berbagai frame yang ada di picmix berasal dari pengiklan, picmix menawarkan frame sebagai kampanye branding, mereka juga membuat kompetisi foto dengan criteria lomba adalah frame milik pengiklan saat ini picmix mengenakan biaya minimal $5000 amerika setara 50 juta rupiah untuk kampanyae branding, selain mendulang uang dari bingkai berbayar picmix juga mendapat pundi-pundi dari bingakai yang dilabeli brand tertentu, kecelian picmix menawarkan bingkai berbayar menambah pemasukan yang signifikan tentunya saja picmix popular dikalangan brand dan advertiser, trend positif picmix tidak terelepas dari kerja tim dan inovasi yang tiada henti, berbagai cara termasuk riset pasar sebelum mengembangkan aplikasi wajib dilakukan.

Calvin mempelajari kebiasaan pengguna agar aplikasi tepat sasaran. Keberhasilan picmix mencuri perhatian sempat dibilang product import, banyak orang yang tidak menyangka produk ini 100% buatan Indonesia.

Selain frame dan stiker picmix juga membuat kesepakatan jasa pembayaran di 75 negara (300 operator) diseluruh dunia. Hal ini dilakukan mengingat pengguna Indonesia banyak yang tidak punya kartu kredit.

Bulan juni lalu picmix dibahas disalah satu website amerika serikat techcrunch.com media yang menjadi dewa para startup membahas perusahan milik calvin kizana, dan picmix satu-satunya website Indonesia yang dibahas di techcrunch.com

Tahun 2013 picmix mendapat kucuran dana dari distributor ponsel Indonesia erajaya, picmix resmi memiliki investor sejak memiliki 5 juta pengguna.   

source:bloombergindonesia.tv

1 komentar:

Belajar Linux mengatakan...

Picmix ini merupakan salah satu startup lokal yang mendunia. ini menandakan masih sangat terbuka lebar untuk para startup memetik keberhasilan secara global, namun untuk memetik keberhasilan itu diperlukan pengetahuan pasar akan kebutuhan layanan,kemampuan dalam bidang it juga harus menguasai, seperti contohnya Calvin yang menguasai pemrograman dan sempat bekerja di amerika serikat.

Aplikasi ini sangat berkembang pesat karena milhat pasar dari foto sharing yang belum ada pada platform Blackberry.

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah