Industri Game di Dunia

Dulu perkembangan video game pada pertenghaan tahun 1970-an dijadikan kecurigaan oleh sebagian orang.  Selanjutnya industri komputer dan video game berkembang pesat sebagai arus utama pasar amerika. Pada tahun 2007, industri ini mengambil keuntungan US$ 9.5 miliar, meningkat pada tahun berikutnya menjadi US$ 11.7 miliar pada tahun 2008 dan US$ 25.1 milyar pada tahun 2010 (sumber laporan tahunan ESA).

Komputer pribadi zaman sekarang berhutang banyak atas kemajuan performa dan kecepatan atas hardwarenya. Karena Game menjadi salah satu pemicu atas ditingkatkannya performa hardware seperti : Sound card, VGA card (kartu grafis),dan proseccor.

Pengembangan game banyak dipelopori oleh perusahaan-perusahaan besar, berikut ini beberapa berusahaan besar yang bermain di industri game.

  1. Ubisoft Entertaiment

    Ubisoft adalah sebuah perusahaan video game yang berpusat di Rennes, Perancis. Perusahaan ini telah membuka cabang dengan 25 studio di 17 negara dan anak perusahaannya di 26 negara.
    Awal tahun 1990-an, Ubisoft berinisiatif dalam program pengembangan permainan dalam rumah yang ketika pada tahun 1994 mereka membuka sebuah studio di Montreuil, Perancis, yang akan menjadi kantor pusat mereka. Ubisoft menjadi perusahaan dagang publik pada 1996 dan meneruskan perluasan kantor secara global, yaitu membuka lokasi di Shanghai dan Montreal.
    Pada tahun 2000, Ubisoft mengakuisisi perusahaan Red Storm Entertainment dan pada tahun 2001 mereka juga mengakuisisi Blue Byte Software.

     
  2. Nintendo CO., Ltd

    Ubisoft adalah sebuah perusahaan video game yang berpusat di Rennes, Perancis. Perusahaan ini telah membuka cabang dengan 25 studio di 17 negara dan anak perusahaannya di 26 negara.
    Awal tahun 1990-an, Ubisoft berinisiatif dalam program pengembangan permainan dalam rumah yang ketika pada tahun 1994 mereka membuka sebuah studio di Montreuil, Perancis, yang akan menjadi kantor pusat mereka. Ubisoft menjadi perusahaan dagang publik pada 1996 dan meneruskan perluasan kantor secara global, yaitu membuka lokasi di Shanghai dan Montreal.
    Pada tahun 2000, Ubisoft mengakuisisi Red Storm Entertainment dan pada tahun 2001 mereka mengakuisisi Blue Byte Software.
     
  3.  Electronics Arts, Inc

    EA merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk multimedia. Didirikan pada tahun 1982. Perusahaan ini mempekerjakan 8.000 karyawannya pada tahun 2008. Bermarkas di Redwood City, California. EA sering dikritik karena sering melakukan akukuasi secara baik maupun tidak baik.








    Saya akan memberi contoh salah Satu game andalan dari Electronic Arts yaitu FIFA, bagaimana mereka membuat suatu game dari perancangan hingga tahap publikasi.

    Berikut ini beberapa tahap yang mereka lakukan:

    Game FIFA merupakan game bergenre sport yaitu sepakbola, yang dibuat oleh EA Sport 

    Dalam proses pembuatannya game ini dikerjakan oleh lebih dari 400 tenaga expert yang meliputi Animasi, Modeling, Audio proses, dan Game produser. Target dari EA Sport game ini harus selesai kurang dari 12 bulan.

    Untuk membuat game fifa tampak seperti aslinya terdapat 3 konstruksi besar yaitu:
    1. Player Impact Engine
    2. Precision Dribbling
    3. Tactical Defending

    Motion Capture


    MOCA digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan merealisasikan gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medis, dan untuk calidasi cisi computer dan robot.


    Modelling


    Untuk mendesain wajah pemain, dilakukan head scanning setup, menggunakan 18 kamera dslr yang mengelilingi talent, setiap kamera mengambil angle berbeda pada wajah talent, dan selanjutnya akan direkonstruksi kedalam 3D

     



0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah