Kiat mengatasi kejenuhan disituasi yang tidak diinginkan.

Pada artikel ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman pribadi saya dalam mengatasi kejenuhan disaat yang tidak tepat, maksud situasi tidak tepat adalah situasi yang penting misalnya saat memperhatikan dosen sedang menerangkan materi, saat sedang mengerjakan tugas kuliah, dll.

Yang saya sering alami adalah rasa jenuh ketika dosen sedang memberikan materinya, mungkin rasa jenuh yang timbul diakibatkan oleh kurangnya intermezzo atau icebreaker untuk memecah situasi yang mulai membosankan, jika hal ini terjadi saya akan mulai berkomunikasi dengan dosen mengenai materi apapun yang masih terkait dengan matakuliah dan sedikit bercanda dengan teman-teman.
Selanjutnya kejenuhan pada situasi yang tidak diinginkan adalah saat sedang mengerjakan tugas kuliah, missal mengerjakan tugas analisa kesalahan pengkodean program, karena baris program jumlahnya ribuan dan saya harus mencari kode program yang salah dan memperbaikinya maka ini adalah tugas yang harus membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Saat kesabaran dan ketelitian mulai habis dan solusi dari tugas kuliah belum terselesaikan maka timbul rasa jenuh atau bosan dalam mengerjakan tugas, biasanya saya menyelesaikan kejenuhan ini dengan beralih ke aktivitas lain sejenak, misalnya membaca komik, mengobrol dengan teman hingga rasa jenuh menghilang.

Tips untuk menghialngkan kejenuhan disaat yang tidak tepat dari penulis adalah :

  • Lakukan aktivitas yang disukai sejenak ketika rasa jenuh datang hingga pikiran menjadi lebih segar dan tenang.
  • Bermain game dapat membantu mengembalikan  mood seseorang menjadi lebih baik.
  • Mendengarkan lagu favorit juga dapat membangkitkan mood seseorang lebih baik dan mengusir rasa jenuh.
  • Membaca buku yang disukai dapat menghilangkan rasa jenuh dan meningkatkan produktivitas.
  • Mencium wangi aroma terapi juga dapat meningkatkan semangat dan kinerja dan tentunya dapat menghilangkan rasa jenuh.

Bagi saya bermain Game yang disukai sejenak adalah solusi terbaik dalam mengatasi  kejenuhaan, tapi jangan terlalu lama dalam bermain karena dapat menimbulkan rasa malas yang tentunya tidak diinginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah