Kiat Mempersiapkan Diri Ketika Mendapat Panggilan Kerja

Mendapat panggilan untuk interview kerja merupkan hal yang membahagiakan karena kita mendapat harapan untuk menjadi salah satu pekerja pada perusahaan tersebut, bagi sebagian pelamar tahap inilah yang mereka anggap paling mengerikan karena banyak pelamar kerja yang tidak lulus dalam tahap ini. Salah satu penyebab tidak lulusnya interview kerja adalah kurangnya persiapan, sehingga ketika wawancara pelamar  merasa gugup dalam menjawab pertanyaan.

Walaupun penulis belum pernah menghadapi interview kerja secara resmi, namun penulis akan sedikit membagi kiat-kiat atau tips yang dapat membantu saat interview yang penulis dapat dari teman-teman yang sudah melakukan interview, internet, dan juga pengalaman penulis.


·         Survey Lokasi Wawancara Kerja
Luangkan waktu untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya anda tidak sibuk atau kebingunagn mencari lokasi wawancara kerja. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika anda telah mengetahui lokasi wawancara kerja.
·         Pelajari pertanyaan yang sering diajukan

Pertanyaan yang sering diajukan oleh pewawancara sebetulnya sudah bisa diprediksi seperti Ceritakan tentang diri anda!, mengapa saya harus mempekerjakan anda?. dll. Pertanyaan tersebut diajukan sebagai pertanyaan pokok. Pertanyaan lain dapat dicari diinternet beserta jawaban yang menurutnya tepat. Latihlah cara menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara, hal ini dapat megurangi rasa gugup ketika interview sedang berlangsung.

Saat interview sedang berlangsung lakukan hal berikut ini

·         Lakukan Kontak Mata

Sekarang Anda lakukan kontak mata terhadap pewawancara. Saat Anda menjawab pertanyaan pewawancara, usahakan tatapan Anda jangan kosong atau melamun. Hal ini berguna agar pewawancara berpikir bahwa Anda orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada bagian perusahaan mereka.

·         Menjawab Tes Wawancara Dengan Jelas

Saat sedang ditanya sesuatu oleh pewawancara, berikanlah jawaban pada pewawancara dengan jelas dan tidak bertele-tele. Karena jika jawaban Anda bertele-tele itu menggambarkan orang yang yang tidak bisa fokus dalam suatu masalah. Berikanlah jawaban wawancara yang jelas dan relevan, hindari juga jawaban berbohong saat interview.

·         Menjaga Emosi Ketika Interview


Biasanya saat tes interview para pewawancara akan menanyakan tentang tempat kerja Anda sebelumnya. Lalu jika saat itu Anda ditanyakan kenapa Anda pindah dari perusahaan sebelumnya, maka jangan sampai Anda menjelek-jelekkan tempat kerja Anda sebelumnya ataupun masalah Anda dengan perusahaan sebelumnya (jika ada). Jawablah dengan cara santun dan sopan tanpa menjelek-jelekkan pihak manapun.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah