Instruksi membuat web dan cara mempublishnya.

Banyak sekali tekhnik-tekhnik pembuatan website dan bahasa pemrograman webnya pun bervariasi tergantung kebutuhan, karena kali ini mendapat tugas membuat web sederhana jadi saya menggunakan bahasa pemrograman web HTML. berikut penjelasannya


  1.  Membuat template sesuai dengan tema blog. Apakah mau ditujukan untuk education,bisnis dll. Tapi terdapat pula template yang sudah jadi yang bisa kita download dari Internet secara free, hal ini lebih memudahkan karena kita hanya tinggal mengedit  saja. Jika ingin membuat template sendiri kita bisa mendesain nya pada software image proccesor seperti Photoshop namun memang agak lebih lama. Dalam hal ini saya mengambil Template yang sudah jadi dari internet.

     
  2. Untuk mengedit template Website yang kita download tadi, kita memerlukan software editor website disini saya menggunakan Adobe Dreamweaver CS3, kemudian open file template kita pada Dreamweaver, biasanya yang pertama kali di edit adalah index.html yaitu halaman utama pada suatu website. Untuk anda yang baru pertama kali belajar membuat web disarankan belajar dasarya seperti HTML,PHP untuk refrensi : prothelon.com dan untuk Belajar Dreamweaver : www.ilmugrafis.com/dreamweaver.php
  3. Setelah Proses Edit selesai dan Website sudah jadi kemudian save pada satu folder dan jangan di ubah-ubah, biasanya size website yang ideal adalah tidak lebih dari 1 MB ini ditujukan agar ketika mereload teks atau gambar tidak menjadi lambat, Asumsikan template yang diedit tadi sudah jadi dan tinggal memposting ke internet.

Cara mempublish atau menerbitkan Website yang kita buat tadi. Kita membutuhkan Webhosting yaitu penempatan file- file di server online agar dapat diakses melalui internet baik untuk kebutuhan publik (masyarakat umum) maupun untuk keperluan sendiri atau internal perusahaan. disini saya menggunakan webhosting gratis pada  www.000webhost.com  kekurangan pada hosting gratis yaitu banyak fitur-fitur yang tidak diaktifkan seperti SMTP server dll dan kita juga membutuhkan domain pada hal ini saya menggunakan domain gratis pada 000webhost yaitu comlu.com. Berikut panduan mendaftar pada 000webhost.com :

1. Kunjungi www.000webhost.com. Di sini, ditampilkan fitur-fitur yang diunggulkan, misal: 250 MB disk space, 100 GB traffic, Website builder, Fantastico Autoinstaller, PHP, MySQL, dan CPanel.

2. Klik tab «Order Now» atau tombol «Sign Up».

3. Pada «I want to host my own domain» isikan nama domain anda jika sebelumnya anda mendaftar pada penyedia domain lain, tapi saya mengguanaka free subdomain dari 000webhost.com (www. namasubdomain.comlu.com).
4. Lalu isi data nama anda, e-mail, password, dan masukkan kode angka yang tersedia.

5. Centang «I agree to Terms Of Service», lalu klik tombol «Create My Account» .

6. Jika sudah kita akan mendapatkan verifikasi pendafataran pada E-mail, segera lakukan verifikasi dengan membuka link yang mereka berikan dan kita diminta untuk login kembali jika sudah maka akun akan aktif.

7. Kemudian Klik Go To CPanel yaitu halaman tempat kita mensetting hosting kita..

8. Pada Account Information catat username yang diberikan oleh 000webhost.com


akun ini digunakan sebagai login ftp server untuk mengupload berkas website

Kemudian setting password karena akun masih menggunakan password default, pilih menu Change Account Password.


Kemudian Masukan Password baru dan klik Change

9. Kemudian saatnya mengupload berkas website kita lewat ftp, banyak software ftp client disini saya menggunakan FiliZilla berikut tampilannya


kemudian pada form Host masukan alamat website anda cnth menggunakan alamat web saya competron.comlu.com dan pada form Username masukan username dari account yang kita catat tadi pada situs 000webhost.com begitupula pada form Password masukan password yang sudah kita buat dalam 000webhost.com tadi pada form Port kosongkan saja karena akan langsung membaca port default ftp yaitu 21. Kemudian klik Quickconnect. Jika sudah tersambung maka secara otomatis kolom sebelah kanan akan muncul directoris web kita dan sebelah kiri directories komputer kita. Buka  direktori web kita, yang terdapat  pada kolom sebelah kiri, kemudian blok seluruh file HTML,folder CSS dll. kemudian drag ke kolom kanan maka secara otomotis proses upload akan berlangsung.




itulah tahapan pempublishan website, saya sudah membuat web sederhaha yaitu competron.comlu.com


Refrensi dari teman yang lebih handal dalam bidang website

1 komentar:

Anonim mengatakan...

minta source code website artikel donk gan ?
kyk blogspot gitu tanpa cms :)

kalau ada tolong kirim link nya ke fernan.situmorang@gmail.com

terimakasi gan

Posting Komentar

Copyright © Tugas kuliah